Terkena “Ransomeware” ??

Disadur dari ZDNet.

Terkena Ransome ware , berikut Free Tool Decryption yang dibuat oleh Bitdefender yaitu suatu perusahaan Antivirus Terkemuka dari Eropa Timur tepatnya Rumania.

Korban salah satu keluarga ransomware terbaru – dan yang paling tidak biasa – sekarang dapat memulihkan file mereka tanpa memberikan tuntutan pada penjahat karena alat dekripsi telah dibebaskan secara gratis.

Alat dekripsi ransomware GandCrab telah dirilis sebagai bagian dari inisiatif No More Ransom, menyusul operasi gabungan oleh BitDefender, Kepolisian Rumania, Direktorat Investigasi Teror Terorisme Terorisme (DIICOT) dan Europol.

GandGrab pertama kali muncul pada bulan Januari dan telah mengklaim lebih dari 53.000 korban di seluruh dunia, menjadikannya Europol sebagai “salah satu bentuk ransomware paling agresif sepanjang tahun ini” yang menelan korban dari beberapa ratus dolar sampai beberapa ribu orang.

Varian dari malware penguncian file ini tidak biasa dengan beberapa cara: tidak hanya menyebar melalui penggunaan alat eksploitasi – taktik yang biasanya disediakan untuk orang-orang seperti trojan dan penambang kriptocurrency – ini juga merupakan bentuk pertama dari ransomware pembayaran di Dash. Sebagian besar bentuk ransomware lainnya menuntut uang tebusan dibayarkan di bitcoin atau Monero.

Penyebaran GandGrab juga telah dibantu oleh skema cybercrime-as-a-service yang menawarkan toolkit untuk menggelar uang tebusan dengan imbalan penjahat wannabee yang memberikan potongan asli dari penulis asli.

Tidak diketahui operasi cybercriminal spesifik mana yang berada di belakang GandGrab. Namun, ransomware diiklankan di forum hacking Rusia, dengan para penulis secara eksplisit menginstruksikan mereka yang menjadi bagian dari skema kemitraan untuk tidak menargetkan Rusia atau negara lain di Persemakmuran Negara-negara Merdeka bekas republik Soviet.

GrandCrab Decryptor :

GransCrab_decryptor

Tapi terlepas dari siapa yang bisa mendistribusikan GandCrab, sekarang korban tidak perlu membayar uang tebusan kepada mereka yang ingin menguangkannya, karena alat dekripsi tersedia secara gratis dari portal No More Ransom dan dari Bitdefender.

“Ransomware telah menjadi sapi perah miliaran dolar bagi para pembuat malware, dan GandCrab adalah salah satu penawar tertinggi,” kata Catalin Cosoi, direktur senior unit investigasi dan forensik di BitDefender.

Untuk membantu mencegah jatuh korban ransomware, Bitdefender merekomendasikan data sensitif back-up secara rutin dan mewaspadai lampiran email yang mencurigakan dan tautan berbahaya.

Diluncurkan pada tahun 2016, skema No More Ransom membawa penegak hukum dan industri swasta bersama dalam perang melawan dunia maya dan telah membantu korban korban ransomware untuk mengambil file terenkripsi mereka.

Portal ini tersedia dalam 29 bahasa dan sejak diluncurkan telah menerima lebih dari 1,6 juta dari total 180 negara.

Pelepasan alat dekripsi GandCrab muncul tak lama setelah sebuah operasi yang terkait Europol, Polisi Nasional Belgia dan Lab Kaspersky sebab dikeluarkannya dekripsi gratis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s